Persija Jakarta Bungkam PSM Makassar

By ommed


nusakini.com - Persija Jakarta berhasil memetik kemenangan telak 3-0 atas PSM Makassar yang memaksa Juku Eja melalui enam laga beruntun tanpa raihan tiga angka di Stadion Manahan Solo, Selasa (7/12) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-16 Liga 1 2021/22.

Tambahan tiga angka itu mengangkat posisi Persija ke peringkat delapan klasemen sementara usai mengoleksi 24 poin. Sedangkan PSM terpaku di posisi 11 dengan nilai 19.

Pertandingan antara PSM dan Persija berlangsung sengit sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Namun duel kedua tim ini berjalan keras dengan banyaknya terjadi pelanggaran.

Persija terlebih dulu mendapatkan peluang ketika laga memasuki menit kesepuluh. Sayangnya, Osvaldo Haay dan Yann Motta sempat berebut bola udara hasil umpan lambung Riko Simanjuntak. Akibatnya, bola sundulan Osvaldo pun melambung tinggi.


Peluang kembali diperoleh Persija pada menit ke-24. Menerima umpan dari sisi kiri serangan, Dwiki Arya melepaskan tendangan keras di dalam kotak penalti, tapi dapat ditinju kiper Hilman Syah.

Di lain sisi, PSM mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan Persija. Praktis tidak ada ancaman serius yang mampu diberikan PSM untuk penjaga gawang Andritany Ardhiyasa, sehingga skor imbang tanpa gol menutup babak pertama.

Duel antara PSM dan Persija tetap berlangsung sengit di babak kedua. Hanya saja, PSM masih mengalami kesulitan untuk mengembangkan permainan, karena mendapat tekanan dari Persija.

Sebaliknya, Macan Kemayoran sudah mendapatkan peluang ketika babak kedua berjalan tiga menit. Sepak pojok Riko disambut tendangan salto Marko Simic, tapi masih menyamping di sisi kanan gawang.


Upaya Persija untuk memecahkan kebuntuan akhirnya terwujud pada menit ke-56. Rohit Chand menusuk sisi kanan pertahanan PSM, dan memberikan umpan ke area penalti yang disambut Simic tanpa bisa dicegah Hilman Syah masuk ke dalam gawangnya.

Kubu tim tamu kembali bersorak kegirangan pada menit ke-64 setelah mereka sukses menggandakan keunggulan. Umpan terobosan Simic diselesaikan Osvaldo, meski mendapatkan pengawalan ketat dari Sutanto Tan dan Zulkfili Syukur. Ini menjadi gol perdana Osvaldo di musim 201/22.

PSM berusaha bangkit untuk mengejar ketertinggalan dua gol. Hanya saja, permainan monoton dan solidnya barisan belakang Persija membuat Pasukan Ramang menemui jalan buntu.


Bahkan Persija kembali bisa memberikan ancaman yang bisa memperlebar keunggulan. Pada menit ke-74, tendangan kaki kanan Riko membuat Hilman Syah mereganggangkan otot untuk menepis bola, sehingga menghasilkan korner. Riko lalu mengambil sepak pojok, dan bola ditanduk pemain pengganti Taufik Hidayat, namun melenceng tipis di sisi kiri gawang.

Persija akhirnya memastikan kemenangan menjadi 3-0 setelah Braif Fatari menaklukkan Hilman Syah, dan mencetak namanya di papan skor saat injury time. Itu menjadi gol pertama Braif di musim 2021/22. (gi/om)